Kebutuhan Sistem Berorientasi Objek

Untuk mengetahui kebutuhan sistem berorientasi objek, maka perlu dilakukan analisis. Analisis yang dimaksudkan sebagai berikut:


Analisis adalah Penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan antar bagi an untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan. Studi dari suatu permasalahan dengan cara memilah-milah permasalahan tersebut sehingga dapat dipahami dan dievaluasi, sebelum diambil tindakan-tindakan tertentu.


Agar kebutuhan sistem dapat diketahui, perlu digunakan suatu metode dalam analisisisnya. Metodologi adalah cara sistematis untuk mengerjakan pekerjaan analisis dan desain. Dengan metodologi, pihak yang membangun suatu sistem dapat merencanakan dan mengulangi pekerjaan di lain waktu. Metodologi menghilangkan kesalahpahaman dan menghilangkan perbedaan notasi untuk suatu hal yang sama. Metode yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang akan dibangun. Selain itu metode juga harus mudah digunakan dan dimengerti oleh pengembang perangkat lunak. Metodologi orientasi objek yang digunakan dalam analisis berorientasi objek antara lain:


A.     Metode Booch

Dikenal dengan nama Metode Desain Object Oriented. Metode ini menjadikan proses analisis dan desain ke dalam empat tahapan yang iteratif (dapat berulang), yaitu identifikasi kelas-kelas dan objek-objek, identifikasi semantik dan hubungan objek dan kelas tersebut, perincian interface dan implementasi.


B.      Metode Rumbaugh (Object Modelling Technique – OMT)

Metode ini berdasarkan pada analisis terstruktur dan pemodelan entity-relationship. Tahapan utama dalam metodologi ini adalah analisis, desain sistem dan desain objek, dan implementasi. Keunggulan metode ini adalah dalam penotasian yang mendukung semua konsep object oriented.


C.     Metode Jacobson (Object Oriented Software Engineering – OOSE)

Metode yang mengandung elemen-elemen dari Object Oriented lainnya. Metode ini memberi penekanan lebih pada use-case. OOSE memiliki tiga tahapan yaitu membuat model requirement dan analisis, desain dan implementasi, dan model pengujian (tes model). Keunggulan metode ini adalah mudah untuk dipelajari karena memiliki notasi yang sederhana, mencakup seluruh tahapan dalam rekayasa software.


D.     Metode Coad dan Yourdon

Metode ini didasarkan pada pemodelan Object Oriented dan entity-relationship. Metode ini mempunyai perancangan yang berfokus pada empat komponen yaitu Problem domain componet, Human interaction componet, Data management component dan Task management component.


E.      Metode Wirfs-Brock

Responsibility Driven Design/-Class Responsibility Collaboration (RDD/CFC)Metode ini diarahkan pada desain, tetapi sangat berguna untuk memunculkan ide dalam tahap analisis. Keunggulannya adalah mudah digunakan, metode ini juga mengidentifikasikan hirarki kelas dan subsistem-subsistem.


F.       Metode Shlair-Mellor Object Oriented Analysis/Design (OOA/D)

Metode yang menggunakan teknik pemodelan informasi tradisional yang menjelaskan entitas dalam sistem, menggunakan state diagram untuk memodelkan keadaan (state) entitas, menggunakan data flow diagram untuk memodelkan alur data dalam sistem. Metode ini menghasilkan tiga jenis model yaitu: information model, state model dan process model. Keunggulan metode ini adalah dalam memandang masalah dari sudut pandang yang berbeda, mudah dibuat (dikonversi) dari metode struktural.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.