Kebutuhan Sistem Berorientasi Objek

Kebutuhan sistem berorientasi objek sangat berhubungan dengan Analisis Sistem karena kegiatan untuk mengetahui sistem yang sedang berjalan dan Desain Sistem karena desain sistem berhubungan dengan konsep dasar untuk perancangan sistem

Analisis sistem dan desain sistem sangat berhubungan erat, ibaratnya analisis bagian dokumentasi sedangkan Desain Sistem merupakan bagian dari realisasi analisis itu sendiri. Apa yang dibutuhkan analisis itu yang akan ditampilkan Desain Sistem.

Kebutuhan (Requirement)

Kategori Jenis Kebutuhan

-    Functional Requirement
  • Jenis requirement yang berhubungan dengan fungsi sistem. Contoh : Sistem pemilihan ketua osis harus bisa membuntuk satu siswa hanya memilih satu kandidat ketua osis.
-    Development Requirement
  • Jenis kebutuhan yang berkaitan dengan tools. Contoh : UML, Sublime Text (tergantung media yang digunakan untuk sistem tersebut).
-     Deployment Requirement
  • Requirement yang berhubungan dengan lingkungan ketika sistem dirancang (perangkat keras/hardware untuk merancang sebuah sistem).
-     Performance Requirement
  • Requirement yang berkaitan dengan ukuran kualitas dan kuantitas, skalabilitas, kecepatan, kapasitas. Contoh : Sistem pemilihan ketua osis harus bisa diakses oleh 600 siswa secara bersamaan
-     Documentation Requirement
  • Berkaitan dengan jenis kebutuhan sistem yang dilihat dari sisi dokumen perencanan, analisis, desain, pengujian, implementasi, sampai dengan yang digunakan untuk pelatihan.
-    Support Requirement
  • Berkaitan dengan jenis kebutuhan yang disediakan oleh perusahaan berkaitan dengan sistem yang dirancang, berupa dukungan teknis dalam hal pemberian pelatihan kepada penggunaan sistem.

Jenis Kebutuhan Perangkat Lunak

  1. Kebutuhan Fungsional (Functional Requirement) :berhubungan dengan fungsi sistem, misalnya sistem pemilihan osis menyediakan layanan peserta didik hanya bisa memilih satu kandidat dan bisa melihat bagaimana presentase pemilihan osis.
  2. Kebutuhan Non Fungsionla (Non Functional Requirement) :  berhubungan dengan kemampuan database. Seperti sistem pemilihan osis hanya bisa diakses oleh 600 siswa dalam waktu bersamaan.

Java

Java merupakan bahasa pemrogrman yang termasuk dalam bahasa pemrograman OOP (Objek Oriented Programming).


Kelebihan Bahasa Pemrograman Java

  1. Multipatfrom : dapat dijalankan di beberapa platform/sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan dimana saja.
  2. Dinamis : dapat dikembangkan dengan mudah karena struktur kode yang dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan user.
  3. Library Java yang Lengkap : Kumpulan program-program java yang disediakan dalam pemrograman Java mempermudah programmer membangun aplikasi dan komunitas Java didunia sangatlah besar.
  4. Object Oriented Programming : semua aspek yang terdapat di Java adala Objek. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis objek secara murni. Semua tipe data diturnkan dari kelas dasar yang disebut object. Mempermudah programmer membuat aplikasi.

Kekurangan Java

  1. Mudah Dilakukan Dekompilasi :  Bahasa mudahnya dari istilah dekompilasi ini adalah pengambilan source code.Souce code dan juga script yang dibuat dengan bahasa pemrograman Java dapat dengan mudah diambil dan juga dibajak oleh orang lain, sehingga memunculkan banyak hack dan juga pengcopyan dari aplikasiyang menggunakan bahasa pemrograman Java tersebut.
  2. Penggunaan Memori yang Banyak : Penggunaan memori pada Java jauh lebih besar daripada Bahasa pemrograman sebelumnya seperti Pascal dan Bahasa C. Karena Bahasa pemrograman Java terdiri atas banyak objek yang memiliki attribute dan method.
  3. Java adalah Bahasa Pemrogram yang Kompleks : Pembuatan aplikasi yang menggunakan Bahasa Java akan terlihat kompleks karena Java membagi aplikasi tersebut menjadi beberapa objek, dan memiliki beberapa atribut dan method yang berhubungn dengan objek

3 Langkah Dasar untuk Membuat Program Java Sederhana

  • Creat : Langkah pertama untuk membuat file java dengan text editor (nama_file.Java)
  • Compile : Kode yang sudah diketik di text editor akan menerjemahkan bahasa java ke dalam bahasa yang dimengerti oleh komputer (nama_file.class)
  • Execute : Menjalankan sebuah program yang telah di diintruksikan pada text editor pada langkah pertama yang akan menghasilkan output program


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.